Hey, makasih ya udah berkunjung kesini


Panduan Praktis Tata Cara Sholat Tahajud | Bacaan Doa Shalat Tahajjud | Keutamaan Sholat Tahajjud

Panduan Praktis Tata Cara Sholat Tahajud | Bacaan Doa Shalat Tahajjud -
Shalat tahajud Ialah sholat Yang Dianjurkan. Artikel Kali Ini Akan Membahas/mengkaji/membicarakan tata cara shalat tahajud Besertabacaan doa tahajud Yang Benar. Juga Dijelaskan Secara Detail Dan Lengkap Mengenai Keutamaan shalat tahajud/shalat Malam, Waktu Pelaksanaan shalat tahajudbacaan Niat sholat tahajjud Hingga doa Sesudah shalatLail. Semoga Artikel Ini Bermanfaat Dan Menambah Wawasan Sobat Sebagai Muslim Yang Taat.

shalat tahajjud Ialah shalat Sunnah Yang Dikerjakan Pada Malam Hari Sesudah Mengerjakan shalat Isya Sampai Terbitnya Fajar Dan Sesudah Bangun Dari Tidur, Meskipun Itu Hanya Sebentar.

Hukum shalat tahajjud Ialah Sunnat Mu’akkad, Yaitu Sunnat Yang Sangat Dianjurkan Untuk Dikerjakan, Karenanya Maka Rasul Saw Sangat Menganjurkan Kepada Para Umatnya Untuk Senantiasa Mengerjakan shalattahajjud. Karena Dalam shalat tahajjud Terdapat Keutamaan Dan Keistimewaan Yang Besar Sekali. Nah Kasihkut Keistimewaan, Keutamaan Dan Faedah shalat tahajud. . .

 Tata Cara Sholat Tahajud | Bacaan Doa Shalat Tahajjud - Tata Cara Sholat Tahajud | Bacaan Doa Tahajud 

Beberapa Keutamaan shalat tahajud Di Dunia :
1. Orang Yang Menegakkan Qiyamullail Akan Terpelihara Dari Gangguan Setan, Dan Bangun Di Pagi Hari Dalam Keadan Segar Dan Bersih Jiwanya

"suatu Hari Pernah Diceritakan Kepada Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi Wa Sallam Tentang Orang Yang Tidur Semalam Suntuk Dengan Tidak Mengingat Untuk sholat, Maka Beliau Menyatakan: “orang Tersebut Telah Dikencingi Setan Di Kedua Telinganya ” (muttafaqun ‘alaih)

"rasulullah ShallAllahu ‘alaihi Wa Sallam Juga Menceritakan: “setan Mengikat Pada Tengkuk Setiap Orang Diantara Sobat Dengan 3 Ikatan (simpul) Ketika Sobat Akan Tidur. Setiap Simpulnya Ditiupkanlah Bisikannya (kepada Orang Yang Tidur Itu): “bagimu Malam Yang Panjang, Tidurlah Dengan Nyenyak. ” Maka Kalau (ternyata) Ia Bangun Dan Menyebut Nama Allah Ta’ala (berdoa) , Maka Terurailah (terlepas) Satu Simpul. Kemudian Kalau Ia Berwudhu , Terurailah Satu Simpul Lagi Dan Kemudian Kalau Ia sholat , Terurailah Simpul Yang Terakhir. Maka Ia Berpagi Hari Dalam Keadaan Segar Dan Bersih Jiwanya. Jika Tidak (yakni Tidak Bangun sholat Dan Ibadah Di Malam Hari), Maka Ia Berpagi Hari Dalam Keadaan Kotor Jiwanya Dan Malas (beramal Shalih)” (muttafaqun ‘alaih)

2. Mengetahui Di Malam Hari Itu Ada 1/3 Malam Terakhir Dimana Allah Subhanahu Wa Ta ’ala Akan Mengabulkan doa Orang Yang Berdoa, Memkasih Sesuatu Bagi Yang Memintaa, Dan Mengampuni Yang Memohon Ampun Pada-nya

"hadits Yang Diriwayatkan Oleh Abu Hurairah Bahwasannya Nabi Bersabda: "Allah Turun Ke Langit Dunia Setiap Malam Pada 1/3 Malam Terakhir. Allah Lalu Berfirman, Siapa Yang Berdoa Kepada-ku Niscaya Saya Kabulkan! Siapa Yang Meminta Kepada-ku Niscaya Saya Kasih! Siapa Yang Meminta Ampun Kepadakepada- Ku Tentu Saya Ampuni. Demikianlah Keadaannya Hingga Terbit Fajar "(hr. Bukhari No. 145 Dan Muslim No. 758)
Rasulullah Dalam Sabda Beliau:

"di Waktu Malam Terdapat Satu Pada Saat Dimana Allah Akan Mengabulkan doa Setiap Malam. ” (hr Muslim No. 757)

3. Ciri-ciri Orang Shaleh Dan Menjadikan Sebab Masuk Surga.

"rosululloh Sholallohu ‘alaihi Wa Sallam Bersabda, “wahai Sesobat Manusia, Sebarkanlah Salam, Kasihlah Makanan, Sambunglah Tali Persaudaraan Dan sholatlah Ketika Manusia Terlelap Tidur Pada Waktu Malam Niscaya Engkau Akan Masuk Surga Dengan Selamat” (hr. Ibnu Majah, Dishohihkan Oleh Al Albani)

“sesungguhnya Orang-orang Yang Bertakwa Itu Berada Dalam Taman-taman Surga Dan Di Mata Air-mata Air, Sambil Mengambil Apa Yang Dikasihkan Oleh Rabb Mereka. Sesungguhnya Mereka Sebelum Itu (di Dunia) Ialah Orang-orang Yang Berbuat Kebaikan, (yakni) Mereka Sedikit Sekali Tidur Di Waktu Malam, Dan Di Akhir-akhir Malam Mereka Memohon Ampun (kepada Allah). ” (adz-dzariyat: 15-18).

4. Jalan Memperolehkan Rahmat Allah …
Abu Hurairah Berkata Bahwa Rasulullah Saw Bersabda, “semoga Allah Merahmati Laki-laki Yang Bangun Malam, Lalu Melaksanakan shalat Dan Membangunkan Istrinya. Jika Sang Istri Menolak, Ia Memercikkan Air Di Wajahnya. Juga, Merahmati Perempuan Yang Bangun Malam, Lalu shalat Dan Membangunkan Suaminya. Jika Sang Suami Menolak, Ia Memercikkan Air Di Wajahnya. ” (hr. Abu Daud)

5. Sarana Pengabulan Permohonan …
Allah SWT Berjanji Akan Mengabulkan doa Orang-orang Yang Menunaikan shalat tahajud Dengan Ikhlas. Rasulullah Saw Bersabda,
“dari Jabir Berkata, Bahwa Nabi Saw Bersabda, “sesungguhnya Di Malam Hari , Ada Satu Pada Saat Yang Ketika Seorang Muslim Meminta Kebaikan Dunia Dan Akhirat, Pasti Allah Memkasihnya, Itu Berlangsung Setiap Malam. ” (hr. Muslim)

6. Penghapus Dosa Dan Kesalahan …
Dari Abu Umamah Al-bahili Berkata Bahwa Rasulullah Saw Bersabda, “lsayakanlah Qiyamul Lail, Karena Itu Kebiasaan Orang Saleh Sebelum Sobat, Bentuk Taqarub, Penghapus Dosa, Dan Penghalang Berbuat Salah. ” (hr. At-tirmidzi)

7. Jalan Memperoleh Tempat Yang Terpuji …
Allah Berfirman,
“dan Pada Sebagian Malam Bertahajudlah Sobat Sebagai Suatu Ibadah Tambahan Bagimu, Gampang-gampangan Tuhanmu Mengangkat Sobat Ke Tempat Yang Terpuji. ” (qs. Al-isra’:79)
Keutamaan shalat tahajud Di Akhirat :
Bangkit Dari Kubur Dengan Wjah Berseri, Pada Hari Pembalasan Kelak Orang Tersebut Akan Dibangkitkan Oleh Allah Dari Alam Kubur Dengan Wajah Yang Dengan Tidak Berseri-seri, Dengan Tidak Ada Rasa Ketsayatan Dan Kekhawatiran
Keringanan Dalam Hisab, Pada Pada Saat Penghisaban (penghitunagn) Amal Baik Dan Buruk Pada Hari Kiamat Kelak Allah Akan Memkasihkan Keringanan
Gampang Menyeberang Shirotol Mustaqim, Allah Juga Akan Memkasihkan Kegampangan Dan Kecepatan Secepat Kilat Bagi Mereka, Pada Saat Menyeberang Shirotol Mustaqim.
Amalnya Dikasihkan Dari Tangan Kanan, Segala Amal Perbuatannya Di Dunia Akan Dikasihkan Oleh Allah Dari Tangan Kanan Karena Banyak Kebaikan Yang Telah Tercatat Semasa Hidupnya Di Dunia


Waktu Pelaksanaan shalat tahajud
Awal Waktu shalat Lail Ialah Setelah shalat Isya Dan Akhir Waktunya Ialah Setelah Terbit Fajar Kedua. Ini Berdasarkan Hadits Aisyah RadhiAllahu Anha Dia Berkata,

“rasulullah ShallAllahu Alaihi Wasallam Biasa Mengerjakan shalat Sebelas Rakaat Pada Waktu Antara Selesai shalat Isya Sampai Subuh. ” (hr. Muslim No. 736)

Juga Berdasarkan Hadits Ibnu Umar Di Atas. Karenanya Ibnu Nashr Berkata Dalam Mukhtashar Qiyam Al-lail Hal. 119, “yang Disepakati Oleh Para Ulama Ialah: Antara shalat Isya Hingga Terbitnya Fajar (shadiq/kedua) Ialah Waktu Untuk Mengerjakan Witir. ”

Karenanya Jika Ada Orang Yang shalat Maghrib-isya Dengan Jama’ Taqdim, Maka Dia Sudah Boleh Mengerjakan shalat Lail Walaupun Waktu Isya Belum Masuk. Sebaliknya, Walaupun Sudah Jam 10 Malam Tapi Jika Dia Belum shalat Isya, Maka Dia Belum Diperbolehkan shalat Lail.

Jumlah Rakaat shalat tahajud
shalat Lail Atau tahajjud Minimal 2 Rakaat Dan Paling Banyak Tidak Terbatas. Ini Berdasarkan Hadits Ibnu Umar Di Atas. Hanya Aja, Walaupun Dibolehkan Mengerjakan shalat Lail Dengan Tidak Ada Batasan Rakaat (selama Itu Genap), Akan Tetapi Sunnahnya Dia Hanya Mengerjakan 8 Rakaat (plus Witir 3 Rakaat) Berdasarkan Hadits Aisyah Yang Pertama Di Atas.

Disunnahkan Juga Untuk Mengerjakan 2 Rakaat Ringan Sebelum shalat Lail -berdasarkan Hadits Aisyah Yang Terakhir Di Atas-, Sehingga Total Rakaatnya Ialah 13 Rakaat.



bacaan doa Niat sholat tahajud
Tata Cara Sholat Tahajud | Bacaan Doa Shalat Tahajjud - Tata Cara Sholat Tahajud | Bacaan Doa Tahajud

Tuntunan Dan tata cara sholat tahajudMelaksanakan sholat Malam Ini Sama Halnya Dengan Mengerjakan sholat Yang Lain Baik Fardhu Atau sholat Sunah , Perbedaannya Hanya Terletak Pada Waktu Pelaksanaan Yang Harus Dilsayakan Pada Malam Hari Serta Niat sholatnya Aja

Kasihkut Ini tata cara Melaksanakan shalat tahajud Yang Benar :
Niat sholat tahajud, Niat Diucapkan Dalam Hati (bukan Diucapkan Dengan Lisan) Dilsayakan Pada Pada Saat Takbiratul Ihrom
Melsayakan Takbir (takbirotul Ihrom), ‘Allahu Akbar’ Sambil Mengangkat Ke Dua Tangan Sejajar Deangan Bahu
Membaca Surat Alfatihah, Alfatihah Wajib Hukumnya Dibaca, Kemudian Dilanjutkan Dengan bacaan Surat Al-qur’an Yang Sudah Dihafal
Ruku’, Membungkuk Sambil Memegang Ke Dua Lutut Sehingga Kepala Dengan Punggung Rata
I’tidal, Berdiri Tegak Setelah Selesai Ruku’ (mebaca Tasbih)
Lanjutkan Seperti Melaksanakan sholat Pada Umumnya

bacaan doa Setelah shalat tahajud :

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ


Setelah Membaca doa Sesudah sholat tahajjud Diatas Dianjurkan Pula Membaca Do'a Keselamatan Dunia Dan Akhirat :

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : "ya Tuhan Kami, Kasihlah Kami Kebaikan Di Dunia Dan Kebaikan Di Akhirat Dan Peliharalah Kami Dari Siksa Neraka". (qs, 2:201)
.
Demikianlah Ulasan Mengenai Panduan Praktis Tata Cara Sholat Tahajud | Bacaan Doa Shalat Tahajjud. Semoga Bermanfaat.




 
Copyright Empat Permata All Rights Reserved
Powered by Blogger