Hey, makasih ya udah berkunjung kesini


Cari Tahu Tentang Rukun Iman Dalam Agama Islam

Cari Tahu Tentang Rukun Iman Dalam Agama Islam - rukun iman (bahasa Arab: أركان الإيمان) Yaitu Pilar Keimanan dalam islam Yang Harus Dipunyai Seorang Muslim. Jumlahnya Ada Enam. Enam rukun iman Ini Didasarkan Dari Ayat-ayat Al-qur\'an Dan Hadits Jibril Yang Terdapat dalam Kitab Shahih Bukhari Dan Shahih Muslim Yang Diriwayatkan Dari Umar Bin Khathab.

Pengertian Istilah imanIman Secara Bahasa Berarti Tashdiq (membenarkan). Sedangkan Secara Istilah Syar’i, iman Ialah \"keyakinan dalam Hati, Perkataan Di Lisan, Amalan Dengan Anggota Badan, Bertambah Dengan Melsayakan Ketaatan Dan Berkurang Dengan Maksiat\". Para Ulama Salaf Menjadikan Amal Termasuk Unsur Keimanan. Oleh Sebab Itu iman Dapat Bertambah Dan Berkurang, Sebagaimana Amal Juga Bertambah Dan Berkurang\". Ini Ialah Definisi Menurut Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad, Al Auza’i, Ishaq Bin Rahawaih, Madzhab Zhahiriyah Dan Segenap Ulama Selainnya. [1]
Dengan Demikian Definisi iman Mepunyai 5 Karakter: Keyakinan Hati, Perkataan Lisan, Dan Amal Perbuatan, Dapat Bertambah Dan Dapat Berkurang.

Imam Syafi’i Berkata, “iman Itu Meliputi Perkataan Dan Perbuatan. Dia Dapat Bertambah Dan Dapat Berkurang. Bertambah Dengan Sebab Ketaatan Dan Berkurang Dengan Sebab Kemaksiatan. ” Imam Ahmad Berkata, “iman Dapat Bertambah Dan Dapat Berkurang. Ia Bertambah Dengan Melsayakan Amal, Dan Ia Berkurang Dengan Sebab Meninggalkan Amal.

Imam Bukhari Mengatakan, “saya Telah Bertemu Dengan Lebih Dari Seribu Orang Ulama Dari Berbagai Penjuru Negeri, Saya Tidak Pernah Melihat Mereka Berselisih Bahwasanya iman Ialah Perkataan Dan Perbuatan, Dapat Bertambah Dan Berkurang

Cari Tahu Tentang Rukun Iman Dalam Agama Islam, Allah-eser-green.png

Rukun Iman :

1. Iman Kepada Allah
Seseorang Tidak Dikatakan Kasihman Kepada Allah Hingga Dia Mengimani 4 Hal: Mengimani Adanya Allah. Mengimani Rububiah Allah, Bahwa Tidak Ada Yang Mencipta, Menguasai, Dan Mengatur Alam Semesta Kecuali Allah. Mengimani Uluhiah Allah, Bahwa Tidak Ada Sembahan Yang Berhak Disembah Selain Allah Dan Mengingkari Semua Sembahan Selain Allah Ta’ala. Mengimani Semua Nama Dan Sifat Allah (al-asma\'ul Husna) Yang Allah Telah Tetapkan Untuk Diri-nya Dan Yang Nabi-nya Tetapkan Untuk Allah, Serta Menjauhi Sikap Menghilangkan Makna, Memalingkan Makna, Mempertanyakan, Dan Menyerupakannya.

2. Iman Kepada Malaikat-malaikat Allah
Mengimani Adanya, Setiap Amalan Dan Tugas Yang Dikasihkan Allah Kepada Mereka.

3. Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Mengimani Bahwa Seluruh Kitab Allah Ialah Ucapan-nya Dan Bukanlah Ciptaannya. Karena Kalam (ucapan) Ialah Sifat Allah Dan Sifat Allah Bukanlah Makhluk. Muslim Wajib Mengimani Bahwa Al-qur`an Ialah Penghapus Hukum Dari Semua Kitab Suci Yang Turun Sebelumnya.

4. Iman Kepada Rasul-rasul Allah
Mengimani Bahwa Ada Di Antara Laki-laki Dari Kalangan Manusia Yang Allah Ta’ala Pilih Sebagai Perantara Antara Diri-nya Dengan Para Makhluknya. Akan Tetapi Mereka Semua Tetaplah Ialah Manusia Biasa Yang Sama Sekali Tidak Mepunyai Sifat-sifat Dan Hak-hak Ketuhanan, Karenanya Menyembah Para Nabi Dan Rasul Ialah Kebatilan Yang Nyata. Wajib Mengimani Bahwa Semua Wahyu Kepada Nabi Dan Rasul Itu Ialah Benar Dan Bersumber Dari Allah Ta’ala. Juga Wajib Mengsayai Setiap Nabi Dan Rasul Yang Kita Ketahui Namanya Dan Yang Tidak Kita Ketahui Namanya.

5. Iman Kepada Hari Akhir
Mengimani Semua Yang Terjadi Di Alam Barzakh (di Antara Dunia Dan Akhirat) Berupa Fitnah Kubur (nikmat Kubur Atau Siksa Kubur). Mengimani Tsobat-tsobat Hari Kiamat. Mengimani Hari Kebangkitan Di Padang Mahsyar Hingga Berakhir Di Surga Atau Neraka.

6. Iman Kepada Qada Dan Qadar, Yaitu Takdir Yang Baik Dan Buruk
Mengimani Kejadian Yang Baik Maupun Yang Buruk, Semua Itu Berasal Dari Allah Ta’ala. Karena Seluruh Makhluk Dengan Tidak Terkecuali, Zat Dan Sifat Mereka Begitupula Perbuatan Mereka Ialah Ciptaan Allah. .


Demikianlah Ulasan Mengenai Cari Tahu Tentang Rukun Iman Dalam Agama Islam. Semoga Bermanfaat.




 
Copyright Empat Permata All Rights Reserved
Powered by Blogger